5 Destinasi Wisata di Selangor yang Mempesona

Selangor menjadi salah satu negara bagian di Malaysia yang berkembang cukup pesat. Lokasinya yang dekat dengan Kuala Lumpur memudahkan untuk turis asing berkunjung ke Selangor. Tentu saja didukung oleh kemudahan transportasi dan kebutuhan akomodasi yang memadai, sehingga sangat cocok untuk tujuan wisata.

Apalagi ada banyak destinasi wisata yang menarik dan bisa dikunjungi dengan mudah. Mau tahu mana saja destinasi wisata yang patut kamu kunjungi di Selangor? Yuk, simak!

1. Museum Cokelat
Museum Cokelat merupakan tempat yang tepat untuk belajar dan mengetahui lebih banyak hal tentang cokelat. Museum ini dibagi menjadi beberapa bagian seperti, Journey of Chocolates untuk mengetahui asal usul cokelat, Chocolate Galleria yang memanjakanmu dengan ratusan merk cokelat dan masih banyak lagi. Bahkan menjadi museum cokelat paling interaktif di Asia Tenggara, jadi patut jika dikatakan sebagai surga para chocoholics.

Kamu bisa mengunjungi museum ini bersama keluarga atau kerabatmu. Jika kamu ingin mengunjunginya dengan banyak kelompok atau lebih dari 10 orang, bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu. Sebab, museum ini biasa digunakan sebagai tempat kunjungan bagi para siswa dari berbagai sekolah.

Lokasi: Jalan Teknologi 3/5 Selangor Science Park 1, Kota Damansara, 47810 Petaling Jaya, Selangor

Jam operasional: 10.00 – 17.00

Harga tiket:

Museum 1.0 Gratis
Museum 2.0: Dewasa, siswa (7 tahun ke atas), anak-anak pra-sekolah dan di bawah 6 tahun Rp 35 ribu. Namun mendapat diskon yang berbeda ketika sedang promo. Sedangkan untuk penyandang cacat dan anak-anak di bawah 3 tahun, gratis.

2. Firefly Park
Taman Kunang-kunang ini merupakan salah satu tempat yang seru untuk berpetualang. Kamu bisa menikmati perjalanan dengan menggunakan sampan di sepanjang Sungai Selangor dan mengamati kunang-kunang.

Hal ini menjadikan liburanmu lebih seru dan merasakan suasana yang berbeda serta jauh dari kebisingan. Namun, kamu dilarang menggunakan flash saat mengambil foto, sebab dapat mengganggu kunang-kunang.

Lokasi: Jalan Rawang, Kampung Kuantan, 45000 Kuala Selangor
Jam operasional: 19.45 – 22.30
Harga tiket: Rp 170 ribu per sampan (maksimal 4 orang per sampan).

3. I-City
I-City merupakan salah satu theme park yang populer dan menakjubkan di Malaysia. Kamu bisa menikmati Snowalk yang merupakan taman bertema salju dengan suhu dibawah 5 derajat celsius. Ada juga Space Mission yang membuatmu seperti di dalam film Sci-Fi seperti Transformers.

Kamu juga bisa mengunjungi museum lilin yang disebut Red Carpet dengan patung lilin karakter tokoh terkenal dan menikmati iluminasi cahaya seperti di Jepang. Masih ada lagi atraksi lainnya, seperti rumah hantu dan kota lampu digital. Selain itu, ada banyak wahana bermain yang cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Lokasi: 40000 Shah Alam, Selangor

Jam operasional:

City of Digital Lights: 19.00 – 04.00
Outdoor Park Rides: 18.00 – 24.00
Snowalk: 10.00 – 24.00
FunWorld: 10.00 – 24.00
WaterWorld: 11.00 – 19.00
Harga tiket:

Outdoor Park Rides: Rp 17 ribu – Rp 35 ribu
Snowalk: Rp 86 ribu – Rp 170 ribu
FunWorld Rides: Rp 17 ribu – Rp 50 ribu
Red Carpet: Rp 137 ribu – Rp 343 ribu
House of Horror: Rp 50 ribu
Trick Art Museum: Rp 35 ribu
WaterWorld: Rp 86 ribu – 170 ribu

4. Batu Caves
Batu Caves menjadi salah satu wisata yang sangat unik di Selangor. Kamu bisa menikmati keindahan alam sekaligus berwisata religi. Tempat wisata ini kamu bisa menikmati keindahan alam berupa gua yang terbentuk dari batu gamping dengan hiasan patung-patung dewa. Selain itu, terdapat patung Dewa Muragan berwarna emas dengan tinggi 42 meter.

Selain gua dan patung dewa, ada 272 anak tangga yang colorful untuk menuju gua. Ketika sudah berada di puncak, kamu bisa menikmati pemandangan pusat kota dari sana. Kamu juga bisa belajar sains dengan sensasi petualangan yang seru. Sebab, Dark Cave yang berada di lokasi tersebut menjadi habitat Trapdoor spider, salah satu laba-laba langka.

Lokasi: Jalan Batu Caves, off MRR2, 68100 Batu Caves, Selangor

Jam operasional: 06.00 – 21.00

Harga tiket:
Dark Cave (Tur Petualangan): Dewasa, Rp 275 ribu dan anak-anak, Rp 190 ribu (belum termasuk pemandu wisata)
Dark Cave (Tur Edukasi): Dewasa, Rp 120 ribu dan anak-anak, Rp 96 ribu
Cave Villa, Rp 51 ribu
Ramayana Cave, Rp 17 ribu
Temple Cave, Gratis
Harga di atas bisa sewaktu-waktu berubah.

5. Sky Mirror
Salah satu destinasi wisata yang populer di Selangor adalah Sky Mirror. Tempat wisata ini bukan hanya keren tapi juga unik, namun kamu tidak bisa menikmatinya setiap waktu. Keunikannya, yaitu kamu bisa melihat pantulan bayangan langit dan semua obyek yang ada di atas perairan tersebut.

Namun, hanya muncul saat 3 hari sebelum bulan baru, 5 hari setelah bulan baru dan saat bulan purnama. Sebab, tempat wisata satu ini sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut untuk menimbulkan efek cermin. Selain dipengaruhi pasang surut air laut, cuaca pun turut mempengaruhinya. Namun, kamu tidak akan menyesal ketika datang di waktu yang tepat, kece banget.

Demikian lah ke 5 wisata di Selangor yang mempesona, mana pilihanmu.

About Admin
Previous

5 Minuman Pendamping Makanan Berlemak Tinggi

5 Tempat Wisata di Jogja yang Ramah Anak

Next