Aturan Memilih Sepatu Lari agar Sesuai dengan Kebutuhan

Sepatu running untuk pria maupun wanita tentunya harus selalu mengutamakan kenyamanan saat digunakan. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui sepatu apa yang paling cocok Anda kenakan. Faktanya ada banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli running shoes. Nah berikut beberapa tips memilih sepatu lari yang pas dan sesuai dengan kebutuhan.

Pahami Perbedaan Sepatu Lari, Training, dan Casual
Jika dulu satu jenis sepatu bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan, lain halnya dengan sekarang. Sebab berbagai produsen merilis sepatu yang disesuaikan untuk jenis aktivitas tertentu. Misalnya saja untuk kegiatan olahraga, ada yang disebut sepatu running ada juga sepatu training. Sedangkan untuk aktivitas sehari-hari, sneakers dan casual shoes bisa dipilih.

Setiap jenis sepatu tersebut tentunya dirancang untuk tujuan yang berbeda. Untuk itu, sebelum membeli sepatu lari penting bagi Anda mengetahui perbedaan dari jenis sepatu tersebut. Sepatu running biasanya dirancang khusus untuk olahraga lari, sedangkan sepatu training merupakan sepatu yang dirancang untuk melatih kekuatan otot-otot tubuh.

Pilih Sepatu Berdasarkan Medan Permukaan Berlari
Jenis sepatu lari yang akan Anda gunakan juga harus disesuaikan dengan medan permukaan jalan. Setidaknya ada 3 jenis sepatu running yang bisa Anda pilih berdasarkan medan berlari yakni road running, trail running, dan cross running. Ketiga jenis sepatu running tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Road running cenderung lebih cocok untuk medan yang rata. Jenis sepatu yang satu ini memiliki berat yang ringan dan bentuk yang fleksibel. Sedangkan trail running lebih cocok untuk medan yang berlumpur dan berbatu. Jenis sepatu yang satu ini didesain khusus agar tetap memiliki performa tangguh di medan offroad yang bisa digunakan untuk naik gunung.

Sedangkan sepatu cross training lebih cocok digunakan untuk gym. Jadi jika Anda membeli jenis sepatu yang satu ini tak hanya bisa digunakan untuk joging namun juga untuk olahraga di pusat kebugaran dan berbagai latihan silang lainnya. Sepatu jenis ini terbuat dari bantalan sol yang keras sehingga lebih cocok untuk aktivitas yang melibatkan keseimbangan.

Pilihlah Ukuran Sepatu yang Lebih Besar dari Kaki Anda
Sangat disarankan bagi Anda untuk memilih sepatu dengan ukuran setengah cm lebih besar dari ukuran kaki Anda. Ukuran yang dimaksud mencakup lebar dan panjang kaki. Pastikan, setidaknya ada ruang satu jempol antara ujung kaki dengan ujung sepatu. Selain itu, pilihlah sepatu running yang bagian kanan dan kirinya tidak menjepit kaki Anda.

Tak hanya perlu memilih sepatu dengan ukuran yang lebih besar. Pertimbangkan juga untuk memilih sepatu dengan bentuk yang elastis sehingga dapat menyesuaikan pelebaran kaki Anda terutama ketika sore dan malam hari. Dengan begitu maka Anda akan lebih nyaman selama beraktivitas.

Cobalah Membeli Sepatu Saat Sore atau Malam Hari
Tahukah Anda jika ukuran telapak kaki cenderung akan melebar pada sore atau malam hari. Hal ini terjadi akibat aktivitas yang bertumpu pada telapak kaki. Untuk itu, jika Anda tak ingin membeli sepatu yang tiba-tiba terasa sempit ketika sore atau malam hari, sangat disarankan bagi Anda untuk membelinya saat sore atau malam hari.

Meski ukuran kaki Anda tak akan berubah secara signifikan, namun hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman bukan? Pemilihan waktu dan penggunaan yang tepat juga akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan kualitas lari yang baik.

Pilihlah Sepatu yang Sesuai dengan Kemampuan Lari
Ternyata memilih sepatu lari juga harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang lo. Misalkan saja Anda baru saja memulai gaya hidup sehat dan memasukkan lari ke dalam rutinitas harian. Maka pastikan Anda memilih sepatu dengan berat 250 – 300 gram. Selain itu, pilihlah sepatu dengan bantalan yang empuk agar Anda lebih nyaman.

Ternyata memilih sepatu lari tak boleh asal pilih lo. Ada juga beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar mendapatkan sepatu running yang sesuai dengan kebutuhan. Agar tak menyesal kemudian hari, pastikan untuk menerapkan beberapa tips di atas ya. Anda juga bisa mendapatkan sepatu running berkualitas dengan beragam pilihan di shop.adidas.co.id.

About Admin
Previous

4 Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

4 Rekomendasi dan Harga Kamera Video Canon Terbaik

Next