Agar Tak Cepat Rusak, Terapkan Cara Mencuci Sepatu Olahraga Ini!

Sepatu adalah salah satu perlengkapan olahraga yang paling penting. Mau bermain sepakbola atau lainnya, Anda pasti membutuhkannya. Ketika sepatu olahraga Anda kotor, Anda tentunya harus mencucinya dulu. Agar tak mudah rusak, ada baiknya Anda menerapkan cara mencuci sepatu olahraga yang benar ini!

1. Angkat Lumpur dengan Sikat
Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan cara mencuci sepatu olahraga yang benar adalah dengan mengangkat lumpurnya lebih dulu. Lepaskan dulu tali sepatunya. Setelah itu, ambil kotoran lumpur yang menempel dengan menggunakan alat bantu berupa sikat.

Namun ingat, jangan sikat terlalu keras. Cukup sikat perlahan dan seperlunya saja. Hal ini dilakukan sekadar untuk memastikan bahwa lumpur dan noda menempel lainnya bisa dilepaskan dan tidak menempel berlebihan.

2. Gunakan Cairan Pencuci Piring
Salah satu kesalahan dalam mencuci sepatu adalah menggunakan deterjen pakaian. Oleh sebab itu, sangat tidak disarankan menggunakannya karena akan membuat sepatu cepat rusak. Ada baiknya, Anda menggunakan cairan pencuci piring saja untuk mengatasi noda yang ada di sepatu olahraga.

Caranya, larutkan lebih dulu cairan pencuci piring ke dalam air hangat lalu celupkan kain bersih ke dalamnya. Kain bersih yang sudah dibasahi inilah yang bisa Anda gunakan untuk mencuci sepatu olahraga yang kotor. Anda bisa mengusapkan lap basah ini secara perlahan dan merata ke semua bagian sepatu sehingga kotorannya luntur.

Ingat, gunakan air hangat untuk membersihkannya. Bukan air biasa apalagi air panas. Penggunaan air hangat ini untuk memaksimalkan pembersihkan. Cara mencuci sepatu olahraga dengan ini pun cukup dibasuhkan saja, bukan dengan dicelupkan ke dalam cairan sabun.

3. Bilas dengan Lap Basah
Setelah Anda menerapkan cara mencuci sepatu olahraga yang benar, selanjutnya tinggal dibilas. Pembilasan pun ada caranya. Anda juga harus menggunakan lap basah untuk ini. Basuhkan sepatu dengan lap basah yang bersih dan tidak mengandung sabun. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sisa sabun yang masih menempel.

Setelah semua bagian sepatu bersih dari sisa sabun, Anda bisa langsung mengeringkannya. Ingat, ketika mengeringkannya, Anda tak boleh menjemurnya langsung terkena sinar matahari.

Pasalnya, itu bisa membuat warna sepatu pudar lebih cepat. Anda bisa menggantung atau mengangin-anginkannya saja. Cara mencuci yang seperti ini bisa mempertahankan kualitas dan warna dari sepatu olahraga yang Anda miliki.

4. Pakai Pemutih Bila Perlu
Bagaimana kalau Anda sudah menerapkan cara mencuci dan membersihkan sepatu yang benar seperti di atas, namun sepatu Anda belum bersih maksimal? Kalau sudah begini, Anda bisa coba menggunakan pemutih. Namun ingat, cara ini hanya berlaku untuk sepatu olahraga berwarna putih saja, bukan sepatu yang berwarna.

Sebab, menggunakannya pada sepatu berwarna dikhawatirkan bisa membuat warnanya memudar dan cepat rusak. Untuk cara menerapkannya mudah saja. Anda bisa melarutkan satu tutup botol pemutih dengan lima tutup botol air. Setelah itu, gunakan sikat gigi yang telah dicelupkan ke dalamnya untuk membersihkan noda yang membandel.

5. Rawat Talinya Juga
Bukan hanya sepatunya saja yang diperhatikan, talinya juga harus! Selagi Anda mencuci sepatu, rendamlah tali sepatu dengan larutan sabun atau deterjen. Setelah itu, Anda bisa menyikatnya perlahan menggunakan sikat gigi. Selain itu, Anda juga bisa membersihkannya dengan cara mengucek pakai tangan.

Selain dicuci dengan teratur, salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar tali sepatu olahraga tak mudah rusak adalah dengan memperhatikan cara pemakaiannya. Misalnya saja, Anda harus selalu membuka tali sepatu setiap kali Anda sudah menggunakannya.

6. Simpan di Tempat Kering
Kalau sepatu dan talinya sudah kering, simpanlah dengan benar bila Anda tak berniat memakainya dalam waktu dekat. Simpanlah di tempat kering dan terlindung dari sinar matahari. Sebab, sinar matahari langsung bisa membuat sepatu kehilangan warna asli dan kainnya cepat kering dan rusak. Isilah dengan koran atau tisu juga agar tak mudah bau.

Nah, itulah cara mencuci sepatu olahraga yang benar yang bisa Anda terapkan. Selain melakukan cara ini, ada baiknya Anda mencuci sepatu secara berkala setiap dua minggu atau satu bulan sekali agar sepatu tetap bersih dan Anda nyaman menggunakannya.

About Admin
Previous

4 Rekomendasi dan Harga Kamera Video Canon Terbaik

4 Makanan Khas Palembang yang Patut Anda Cicipi

Next