Ciri Mobil Bekas Banjir Yang Mudah Dilihat

Bulan januari kemarin, DKI jakarta diserbu banjir hingga berhari-hari. banyak mobil yang hanyut dan terendam banjir, hal ini tentunya membuat kerusakan pada komponen mobil. Kerusakannya memang bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Jika anda akan membeli mobil bekas,  maka anda harus berhati-hati. Jangan sampai membeli mobil bekas banjir. Karena kemungkinan besar komponennya banyak yang rusak. untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa ciri yang bisa anda lihat.

Cek Aroma Kabin Kendaraan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah cek aroma dibagian kabin kendaraan.jika tercium bau apek, anda patut mencurigainya. Cobalah anda masuk ke dalam kabin mobil dan tutup semua jendela serta pintunya. Nanti akan langsung tercium bau tidak sedap, jika mobil tersebut pernah terendam banjir.

Cek Kondisi Pelapis Interior Mobil

Beberapa bagian interior mobil, ada yang memiliki pelapis. Pelapis ini biasanya dikenal dengan nama upholstery. Biasanya ada di bagian area tuas perseneling, pintu dan bagasi. Pelapis ini terbuat dari kulit atau fabric. Jika mobil terendam banjir, akan terdapat bekas dibagian upholstery bawah. Anda bisa bandingkan dengan bagian upholstery dibagian atas, kondisinya akan terlihat berbeda, karena dibagian bawah terendam banjir.

Tanah Dibagian Kolong Jok

Ini sering dilewatkan oleh banyak orang. cobalah untuk meraba bagian besi yang terdapat di bawah jok. Jika mobil tersebut bekas banjir, akan terdapat sisa tanah. Tanah tersebut berasal dari lumpur kering yang lupa dibersihkan. Tapi saat ini sudah ada salon mobil yang bisa membersihnkan sisa banjir sampai bersih. Oleh karena itu anda harus lebih teliti.

Karat Dibagian Mobil

Besi yang terkena banjir, akan mudah berkarat. Biasanya itu terjadi di lokasi yang tidak umum. Misalnya di bagian dalam pintu, di bawah kap mesin dan lainnya. jika terdapat tanda tersebut, mobil memang pernah terendam banjir., anda juga bisa melihat dibagian lantai bagasi atau di baut pengikat jok.

Saat membeli mobil bekas memang harus teliti, supaya tidak tertipu dengan mobil yang sudah terendam banjir dan banyak bagian rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *