Inilah Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak SD Selama Pandemi

olahraga untuk anak SD

Dengan wabah covid 19 ini semua kalangan diharuskan untuk tetap berada di dalam rumah, tak terkecuali dengan sekolah. Semua sekolah diliburkan dan mengharuskan Anak untuk belajar dirumah. Jika terus berdiam dirumah pastinya tubuh akan merasa tidak enak dan pentingnya berolahraga. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas jenis olahraga untuk anak SD selama pandemi.

Olahraga untuk anak memang sangat penting, selain untuk menjaga daya tahan tubuh, juga penting untuk pertumbuhannya. Namun, olahraga untuk anak juga tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Sebab, secara kekuatan fisik bisa jadi anak belum terlalu kuat untuk melakukan olahraga orang dewasa.

Jika kalian adalah orang tua yang sedang kebingungan mencari olahraga anak yang cocok dilakukan selama pandemi corona covid-19 kalian bisa mengajak anak melakukan salah satu dari olahraga di bawah ini.

1. Lompat tali

Untuk olahraga satu ini, kamu bisa menggunakan tali skipping dan mengajarkan anak melompat di dalam putaran talinya. Di awal-awal percobaan, mungkin anak akan kesulitan mengkoordinasikan gerakan tangan dan kakinya. Tapi, bila ia sudah terbiasa, olahraga ini akan semakin mudah dilakukan.

Selain itu, olahraga lompat tali juga turut membantu anak tumbuh tinggi karena melakukan aktivitas melompat berkali-kali. Ini bisa jadi alternatif aktivitas untuk menambah tinggi anak ketika ia tidak bisa berenang maupun bermain basket di luar ruangan ketika cuaca tidak mendukung.

2. Senam

Koordinasi tangan dan kaki anak juga bisa kamu dilatih dengan melakukan gerakan senam. Cobalah peragakan beberapa gerakan senam sederhana untuk ditiru si Kecil. Setelah itu, hitung sebanyak 2 x 8 seperti gerakan senam pada umumnya.

Supaya olahraga senam kian menyenangkan, kamu bisa memutar musik dengan beat yang cukup bersemangat sebagai pengiring. Bila kamu kebingungan atau tak punya ide gerakan, kamu juga bisa memutar video senam dan menirunya bersama anak.

3. Hula hoop

Bila anak termasuk pribadi yang menyukai tantangan dan tak pantang menyerah, kamu bisa mengajarkannya bermain hula hoop. Perlu diingat bahwa olahraga satu ini memerlukan latihan khusus dan menuntut anak tetap fokus agar hula hoop tetap berputar dan tidak jatuh. Olahraga satu ini sangat baik untuk melatih keseimbangan anak, lho! Bahkan, otot perut anak juga akan semakin menguat dengan bermain hula hoop.

4. Yoga

Terakhir, kamu juga bisa mengajari anak beberapa gerakan yoga sederhana. Pertama, siapkan anak dengan mengenakan pakaian yang nyaman. Setelah itu, siapkan juga yoga mat atau alas yang cukup empuk untukmu dan si Kecil sehingga tulang ekor dan punggung tetap aman dan tidak cedera. Begitu semua perlengkapan siap, kamu bisa mulai mengajak anak melakukan yoga.

5. Bersepeda

Bersepeda menjadi olahraga yang sedang naik daun belakangan ini, bahkan sejak sebelum adanya wabah virus corona covid-19. Meski sedang ada pandemi virus corona, olahraga bersepeda tetap bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan olahraga untuk anak. Tentunya dengan menerapkan tips-tips tertentu agar olahraga bersepeda tetap aman dan menyehatkan.

Olahraga bersepeda juga relatif aman karena, masing-masing orang hanya akan menggunakan sepedanya sendiri. Di samping itu, mengendarai sepeda juga akan meminimalisir aktivitas anak dalam menyentuh benda-benda tertentu yang berpotensi sudah terpapar virus corona covid-19.

Bagaimana, cukup banyak ‘kan pilihan olahraga dalam ruang yang bisa dilakukan bersama anak saat cuaca diluar rumah tidak mendukung? Ketika memulai olahraga, pastikan anak dalam kondisi fit dan tidak demam ya, sehingga ia pun tetap bersemangat dan tubuhnya kian sehat. Selamat berolahraga bersama si Kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *