Kelebihan dan Kekurangan Motor Yamaha F1Z R

Motor Yamaha F1ZR merupakan jenis sepeda motor bebek dengan mesin 2 tak yang diproduksi oleh Yamaha motor indonesia dari tahun 1992 sampai dengan tahun 2004. Motor yamaha F1ZR sendiri merupakan kepanjangan dari motor yamaha force 1, dimana motor bebek Yamaha ini merupakan generasi penerus dari motor Yamaha alfa yg dilengkapi dengan mesin berkapasitas 105 cc yg mulai diperkenalkan sekitar tahun 80an. Untuk model pertama dari motor Yamaha F1Z R ini mulai diperkenalkan dari tahun 1992, dengan sistem remnya masih menggunakan jenis rem tromol.

Dan motor Yamaha F1ZR ini merupakan jenis motor bebek pertama yang menggunakan jenis mesin YPCS atau Yamaha Performance Cooling System, sebuah teknologi pendingin mesin menggunakan kipas. Dimana fungsi dari kipas ini sendiri ialah untuk menyedot udara yg ada di luar kemudian digunakan utk mendinginkan bagian mesin motor. Menjadikan suhu mesin pada motor Yamaha F1Z R ini tetap terjaga, dan kinerja dari mesinnya sendiri juga akan menjadi tetap maksimal. Dan pada tahun 94 yamaha memperkenalkan varian facelift dari Yamaha ini yang diberi nama dengan Yamaha Force 1 Z, dengan desain yang tidak terlalu berubah banyak dari generasi pertamanya.

Dan pada tahun 1997, yamaha mulai meluncurkan seri yamaha F1ZR atau yang banyak orang menyebutkan dengan nama yamaha F1ZR, dimana motor bebek ini dirancang dengan menggunakan kopling manual. Akan tetapi tipe kopling yg digunakan masih menggunakan semi otomatis, dimana pada saat itu banyak orang yg menyebutnya dengan sebutan kopling banci. Dan pada tahun 2000, Yamaha menghadirkan varian terakhir dari Yamaha F1ZR ini dengan merombak semua desain bodinya menggunakan yang baru, serta telah ditambahkan sebuah velg jenis racing dan kopling yang digunakan sudah menggunakan kopling manual konvensional.

Untuk sekarang ini, motor Yamaha F1Z R sendiri sudah tidak diproduksi lagi yang baru, karena produksi motor Yamaha ini berhenti pada tahun 2004 dan digantikan dengan adanya motor Yamaha force. Namun untuk Anda yang sekiranya merasa masih tertarik ingin menggunakan sepeda motor Yamaha F1ZR ini sebagai kendaraan sehari-hari bagi Anda, maka tidak ada salahnya apabila Anda mencoba melihat terlebih dulu beberapa kelebihan dan kelemahan motor Yamaha F1Z R yang akan coba kami sajikan kepada Anda. Dengan Anda melihat terlebih dulu beberapa kelebihan dan kekurangan motor Yamaha F1Z R, maka Anda dapat menentukan apakah motor bebek Yamaha tersebut masih cocok untuk Anda gunakan atau tidak.

Kelebihan Motor Yamaha Fiz R

Melihat dari sisi desainnya, motor Yamaha F1ZR ini memiliki desain yang tergolong sporty, terutama untuk motor Yamaha F1ZR tahun 2000 ke atas yang sudah dilengkapi dengan velg racing. Jika dilihat secara penampilan desain bodynya juga tampak sederhana namun terlihat sporty, dengan lampu utama yg dibuat kotak yang terpasang pada bagian stang motor dan pada bagian sisinya terpasang turning light. Dan body sampingnya dirancang dengan ramping, sedangkan untuk lampu belakangnya dibuat dengan desain kotak sederhana. Menjadikan penampilan dari motor Yamaha F1Z R ini akan menjadi lebih terlihat sporty.

Sedangkan untuk sasisnya, motor Yamaha F1Z R ini dirancang menggunakan jenis sasis pipa dengan suspensi depan yang digunakan adalah teleskopik. Sehingga para pengguna akan lebih merasa nyaman pada saat berkendara dengan sepeda motor Yamaha F1ZR ini. Dan untuk sistem pengeremannya sendiri, motor Yamaha yang satu ini telah dilengkapi dengan sistem rem cakram untuk pengereman roda depan. Sedangkan untuk pengereman roda belakangnya masih menggunakan jenis rem tromol. Untuk berat dari motornya sendiri adalah berkisar antara 95 kg, sehingga motor Yamaha F1ZR ini tergolong sangat ringan. Bahkan dapat melayang pada saat digunakan pada kecepatan tinggi.

Untuk bagian mesinnya, motor Yamaha F1ZR yang ini dilengkapi dengan mesin dua tak dengan kapasitas mesinnya adalah 110,4 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 7.500 rpm dan mampu menghasilkan torsi maksimal mencapai 6.500 rpm menjadi salah satu kelebihan motor Yamaha F1Z R. Dan tipe transmisi yang digunakan adalah manual dengan 4 percepatan, serta dilengkapi dengan adanya sistem starter berupa elektrik dan juga kick starter. Untuk sistem suplai bahan bakarnya sendiri masih menggunakan jenis karburator mikuni dan sistem pengapiannya adalah CDI. Dan mesin motor Yamaha F1Z R ini menggunakan sistem pelumas tambahan atau oli samping.

Kekurangan Motor Yamaha Fiz R

Dibalik kelebihan motor Yamaha FIZ R juga pastinya terdapat sebuah kekurangan atau kelemahan, dan beberapa kekurangan motor Yamaha F1ZR ini sendiri diantaranya adalah bahan bakarnya yang sangat boros. Hal tersebut di karena sistem bahan bakarnya yang masih menggunakan sistem bahan bakar jenis karburator dan belum menggunakan sistem bahan bakar injeksi seperti motor keluaran terbaru sekarang ini, ditambah dengan adanya oli samping yg akan lebih memakan bahan bakar pada motor. Selain itu, suara knalpot motor Yamaha F1Z R ini juga tergolong sangat berisik, sehingga hal tersebut akan membuat para pengguna atau orang yg berada disekitarnya menjadi merasa kurang nyaman.

Dan kekurangan motor yamaha F1Z R lainnya ialah terdapat pada bagian kerangka, dimana telah kami jelaskan diatas tadi jika kerangka dari motor Yamaha F1ZR ini tergolong sangat ringan. Dan hal tersebut menjadikan berat dari motor ini sangat ringan, dan pada saat sepeda motor yamaha ini digunakan di jalanan dengan kecepatan yang tinggi, maka body motor menjadi tidak stabil atau melayang-layang. Hal tersebut pastinya dapat membahayakan para pengguna sepeda motor bebek Yamaha yang satu ini. Selain itu, biaya perawatan dari motor Yamaha F1ZR ini tergolong boros, terlebih lagi untuk biaya perawatan hariannya.

Keunggulan Motor Yamaha Fiz R Kekurangan Motor Yamaha Fiz R
Desain body sudah sporty Bahan bakarnya sangat boros
Performa mesin sangat handal Biaya perawatan hariannya boros
Menggunakan velg racing Kerangkanya terlalu ringan

Untuk Anda yang tadi telah melihat beberapa kekurangan dan kelebihan motor Yamaha F1Z R yang baru saja kami sajikan diatas Anda masih merasa tertarik ingin membeli sepeda motor bebek yamaha yang satu ini, maka alangkah baiknya jika Anda kembali melihat informasi harga motor Yamaha F1Z R bekas yang akan coba kami sajikan secara lengkap hanya untuk Anda. Selain itu juga kami akan turut memberikan informasi spesifikasi motor Yamaha F1Z R juga kepada Anda, sehingga bagi Anda yang sekiranya memang membutuhkan informasi tentang motor Yamaha F1ZR ini secara lengkap, Anda bisa langsung saja melihat informasi tersebut.

Karena jika Anda ingin membeli sebuah sepeda motor, pastinya Anda harus mengetahui terlebih dulu secara lengkap informasi sepeda motor yang ingin Anda beli. Jangan sampai nantinya Anda akan merasa menyesal setelah membeli sepeda motor tersebut, karena ternyata sepeda motor yang telah Anda beli tersebut tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Dan bagi Anda yang ingin mengetahuinya secara lengkap, maka silahkan saja bagi Anda langsung melihat informasi tersebut dibawah ini.

Spesifikasi Motor Yamaha Fiz R Lengkap

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.870 x 670 x 1.040 mm
Jarak Sumbu 1.190 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 135 mm
Berat Isi 95 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4.5 liter
Mesin
Tipe Mesin 2-stroke, silinder tunggal
Volume Silinder 110.4 cc
Daya Maksimal 11.8 dk / 7500 rpm
Torsi Maksimal 1,10 KGF.M / 6500 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar VM 20 X 1 MIKUNI
Gigi Transmisi Kopling manual, 4 speed
Rangka
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Rem Depan cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 2.50-17-4PR
Ban Belakang 2.75-17-4 PR
Kelistrikan
Baterai GM5Z-3B/YB5L-B/12V5AH
Busi BP 7 HS-10/W 22 FP-10
Sistem Pengapian CDI

Daftar Harga Motor Yamaha F1Z R bekas

Tipe

Harga

Harga Motor Yamaha Fiz R Tahun 2001 Rp. 2.700.000,-

Harga Motor Yamaha Fiz R Tahun 2002 Rp. 3.800.000,–

Harga Motor Yamaha Fiz R Tahun 2003 Rp. 4.900.000,-

Harga Motor Yamaha Fiz R Tahun 2004 Rp. 5.200.000,–

Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan kelebihan dan kekurangan Yamaha F1Z R. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda untuk membeli motor yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *