Memahami Freon pada Kulkas

Freon merupakan salah satu bagian yang paling penting. Bagian ini membuat kulkas menjadi lebih dingin. Penggunaan jenis freon yang tepat dipakai untuk beberapa merk kulkas terbaik 2019 yang direkomendasikan untuk dipakai dalam skala rumah tangga. Kulkas yang ada di rumah tangga keberadaannya kini dirasakan sangat membantu. Sebab di dalam skala rumah tangga, kulkas ini digunakan untuk menyimpan beberapa bahan makanan dalam keadaan dingin supaya lebih awet. Terutama untuk stok makanan dalam jangka yang cukup lama, keberadaan kulkas dinilai sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan penyimpanan bahan makanan dengan cukup baik. Tentu saja semua berkat freon yang mampu mendinginkan suhu bahan makanan tersebut sehingga bisa disimpan dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Ada beberapa hal berkaitan dengan freon yang digunakan sebagai refregeran yang perlu diketahui agr tidak salah dalam memahami kinerja freon. Seperti di bawah ini:

• Freon merupakan cairan refrigeran yang memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu bahan makanan atau benda apapun yang ada di dalam kulkas untuk kemudian didinginkan. Cairan refrigeran ini memiliki cara kerja yang unik dalam mendinginkan suhu di dalam ruangan kulkas. Cairan refirgeran memiliki beberapa perpindahan fase untuk membuat suhu benda yang ada di dalam kulkas menjadi lebih dingin. Perpindahan fase ini sangat penting untuk membuat suhu menjadi turun.

• Cairan refrigeran bekerja menyerap panas dari benda yang ada di dalam kulkas dengan cara berpindah fase dari fase cair menuju fase gas untuk menyerap panas dari benda yang ada di dalam kulkas. Suhu panas dari benda ini kemudian di lepaskan ke atmosfer. Ketika suhu benda yang ada di dalam kulkas sudah mulai turun, kemudian refrigran atau yang sering dikenal sebagai freon akan di kompres menggunakan kompresor hingga kembali menjadi cairan. Proses ini berulang kali terjadi dalam proses pendinginan benda yang ada di dalam kulkas. Sehingga tidak heran jika freon memiliki peranan penting dalam menjaga suhu bahan makanan yang ada di dalam kulkas.

• Refrigeran atau freon yang umum digunakan dalam bentuk freon R 22. Jenis freon ini sebenarnya memiliki efek yang cukup buruk bagi lingkungan. Tidak heran jika kini pemerintah sudah mulai memberikan batasan yakni berupa larangan untuk menggunakan freon jenis ini. Alasannya adalah freon R 22 banyak mengandung klorin yang berpotensi membahayakan lapisan ozon. Sudah barang tentu ketika suatu produk memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan sekitarnya produk itu tidak disarankan untuk digunakan kembali. Di tengah kesadaran masyarakat akan lingkungan, maka pembatasan untuk penggunaan freon jenis ini mulai diberlakukan dan diganti dengan jenis yang lebih ramah lingkungan.

• Berkembangnya keyakinan akan sebuah produk yang lebih ramah lingkungan, maka produsen berlomba-lomba untuk membuat produk yang lebih ramah lingkungan. Seperti halnya dalam membuat produk untuk refrigeran yang lebih ramah lingkungan. Refrigeran generasi terdahulu yang mengandung klorin secara perlahan mulai dihapuskan diganti dengan jenis hydro fluoro carbon. Jenis refrigeran ini di klaim memiliki dampak yang lebih bersahabat bagi lapisan ozon. Oleh karenanya penggunaan serta pengembangannya terus dikerjakan demi menyelamatkan lingkungan sekitar terutama dampak pemanasan global yang berbahaya untuk llingkungan. Pengembangan HFC sendiri hingga kini masih terus dilanjutkan hingga menemukan type freon yang benar-benar aman untuk lingkungan.

Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan freon memberikan fungsi utama bagi sebuah kulkas namun dampaknya bagi lingkungan terutama untuk laisan atmosfer dan lapisan ozon bumi harus difikirkan dengan baik. Setidaknya jika difikirkan dengan baik, maka proses pemanasan global dapat dikurangi.

Meskipun dalam kenyataanya hamir mustahil untuk menciptakan produk yang full ramah lingkungan. Oleh karenanya, untuk setiap produk pengembangan dari freon masih terus dilakukan untuk menciptakan produk dengan tingkat perusakan yang lebih minimal. Freon yang digunakan hingga saat ini dikembangkan hingga kini belum menemukan titik temu. Oleh karenanya kerjasama dalam menciptakan produk refrigeran ramah lingkungan menjadi mungkin. Setidaknya mampu meminimalisir dampak llingkungan bagi lingkungan sekitar.

About Admin
Previous

Berbagai Keuntungan Tinggal di Apartemen

Kenali Berbagai Manfaat Internet Dalam Kehidupan Keseharian

Next