Memulai Usaha Sendiri

Saat ini ada banyak macam-macam surat ijin usaha yang bisa anda ketahui, karena setiap surat ijin pastinya punya fungsi yang beda-beda. Saat memiliki sebuah bisnis usaha, pastinya kita sangat butuh untuk membuat surat ijin agar usaha kita diakui Negara.

Biasanya perijinan dibutuhkan agar usaha kita terpercaya dan diakui oleh banyak orang, karena itulah anda yang punya usaha perlu tahu beberapa macam surat ijin usaha seperti berikut ini:

1. Surat Ijin Tempat Usaha (SITU)

SITU merupakan salah satu dari macam-macam surat ijin usaha yang diberikan kepada perorangan, perusahaan, maupun badan usaha untuk mendapatkan ijin tempat usaha. Jadi ijin tempat usaha tersebut sesuai dengan tata wilayah yang diperlukan dalam rangka penanaman modal tersebut.

Biasanya dasar hukum yang digunakan untuk surat ijin tempat usaha tersebut dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Surat ijin ini berlaku sekitar 3 tahun dan bisa diperpanjang masa berlaku nya jika sudah habis, tetapi tetap harus memenuhi peraturan yang berlaku.

2. Surat Ijin Prinsip (SIP)

Surat ijin prinsip (SIP) ini adalah salah satu macam surat ijin usaha yang diberikan kepada pengusaha atau badan usaha yang sedang melakukan kegiatan usaha di dalam suatu daerah. Tetapi tidak sembarangan surat yang dikeluarkan, karena harus memenuhi persyaratan seperti badan usaha tersebut harus berinvestasi untuk memajukan daerah.

3. Surat Ijin Usaha Industri (SIUI)

Surat ijin usaha industri ini dikeluarkan pada pengusaha menengah kecil yang ingin punya legalitas untuk memenuhi berkas agar usahanya bisa berkembang. Syaratnya pengusaha kecil ini harus memiliki modal 5-200 juta.

Syarat untuk mendapatkan ijin ini dengan mengajukan nya lebih dulu ke kantor pelayanan perijinan terpadu daerah tingkat II kabupaten maupun kota. Jika usahanya telah berkembang, maka bisa mengajukan ke tingkat provinsi atau BKPM.

4. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)

Surat ijin ini merupakan salah satu dari macam-macam surat ijin usaha yang berfungsi agar perusahaan, koperasi hingga persekutuan dapat melakukan kegiatan perdagangan yang diterbitkan berdasarkan domisili perusahaan dan berlaku di seluruh indonesia.

SIUP ini terdiri dari 3 jenis, yaitu SIUP kecil yang dikeluarkan oleh perusahaan yang punya modal disetor serta kekayaan bersih dibawah 200 juta rupiah, diluar tanah serta bangunan tentunya.

SIUP Menengah adalah SIUP yang dikeluarkan bagi perusahaan yang mempunyai modal disetor serta kekayaan bersih 200 hingga 500 juta di luar tanah serta bangunan.

SIUP besar adalah salah satu ijin usaha yang dikeluarkan oleh perusahaan yang punya modal disetor dan kekayaan bersih diatas 500 juta, diluar tanah dan bangunan tersebut.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk membuat bisnis anda lebih diakui? Tidak ada salahnya untuk memiliki surat perijinan usaha. Ada macam-macam surat ijin usaha yang bisa anda gunakan, dan surat-surat tersebut akan mempermudah bisnis anda.

Selain karena sudah terdaftar di Negara, kita tentunya lebih aman dari pajak dan hal-hal lain. Jadi jangan lupa untuk terus meningkatkan usaha dengan surat ijin usaha.

Bagi anda yang punya usaha, sebaiknya segera di daftarkan, karena ada banyak hal yang membedakan antara perusahaan yang punya ijin usaha dengan tidak. Produk yang dihasilkan tentunya tidak legal seperti produk perusahaan yang sudah punya ijin usaha.

Karena itulah kedepan nya akan lebih cerah jika ada surat ijin usaha dari pemerintah yang dikeluarkan langsung oleh pemerintah, terima kasih.

About Admin
Previous

Pelayanan Klaim Cepat CIGNA

Cara Download Smadav 2019 Serta Langkah Untuk Menginstall Smadav

Next