4 Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai. Samudra Pasai tentu saja menjadi kerajaan yang pertama di Indonesia dengan membawa nuansa agama Islam. Letak dari kerajaan yang satu ini memang berada di daerah pesisir utara dari Pulau Sumatera. Lokasinya yang lebih tepat berada di kota Lhokseumawe.

Seringkali kerajaan ini dianggap sebagai kerajaan Islam tertua yang ada di Nusantara. Kala itu Masa Marah Silu dalam berkuasa selama kurang lebih 30 tahun lamanya. Hingga akhirnya ia pun wafat tepatnya pada tahun 1927 Masehi. Hingga akhirnya kekuasan pun diserah terimakan pada sang putra dengan nama Sultan Malik Az-Zahir. Kerajaan Samudra Pasai pun semakin hari terus berkembang hingga mencapai masa jayanya.

Kini ada beberapa penginggalan Kerajaan Samudra Pasai yang harus anda ketahui. Dari beberapa peninggalannya ini ternyata berupa benda yang berharga bahkan makam dari para raja. Adapun beragam bukti peninggalan kerajaan Samudera Pasai, yakni sebagai berikut:

1. Adanya Koin Emas

Koin yang menjadi hasil peninggalan Kerajaan Samudera Pasai ini seringkali menjadi alat pembayaran sah yang ada di sana. Bahkan pembuatan dari koin dirham yang satu ini menggunakan bahan yang merupakan campuran dari emas, tembaga maupun perak. Hingga koin emas ini mempunyai cirri bertuliskan Arab.

2. Cakra Donya

Ada lagi peninggalan Kerajaan Samudera Pasai yang menarik yaitu Cakra Donya. Menariknya peninggalan sejarah ini memang berupa sebuah lonceng dengan ukuran besar. Pembuatannya saja dari bahan besi dengan bentuk stupa yang ternyata menjadi hadiah dari kaisar China kepada Sultan dari Kerajaan Samudera Pasai. Menariknya lagi bagian dari lonceng tersebut ternyata diukir dengan sebuah ukiran yang bertuliskan sebuah huruf Arab maupun China.

3. Makam dari raja-raja Pasai

Ternyata makam dai raja-raja Pasai ini menjadi salah satu bukti peninggalan Kerajaan Samudra Pasai yang begitu melekat. Dimana ada banyak sekali makam dari raja Pasai yang sudah memerintah dari waktu ke waktunya. Adapun untuk makam yang kini bisa anda jumpai adalah makam dari seorang raja bernama Sultan Malik As-Saleh.Tentunya masih banyak sekali makam raja lainnya yang sudah ada selama masa pemerintahan Kerajaan Samudera Pasai.

4. Makam dari para Perdana Menteri

Menariknya lagi Samudera Pasai ternyata juga memberikan peninggalan berupa makam dari Perdana Menteri. Dimana salah satu makam yang telah terkenal adalah makam dari Tengku Yacob. Beliau ternyata wafat bulan Muharram tepatnya 630 Masehi. Dimana batu nisannya memang bertulisan indah Ayat Qursi dengan Surat Al-Imron:18 dan juga Surat At-Taubah:21-22.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai peninggalan Kerajaan Samudra Pasai yang bisa anda ketahui. Ternyata ada beberapa peninggalan yang memang terkesan unik dan berbeda. Sebagai kerajaan Islam yang tertua di Indonesia wajar saja jika memiliki banyak catatan sejarahnya, selengkapnya https://kalimat.id.

About Admin
Previous

Mengulas Lengkap Seputar Fase Menstruasi yang Terjadi Pada Wanita

Aturan Memilih Sepatu Lari agar Sesuai dengan Kebutuhan

Next